Home | Looking for something? Sign In | New here? Sign Up | Log out

Rabu, 23 Mei 2012

TRIK MEREViEW BUKU

Rabu, 23 Mei 2012
Beberapa hari yang lalu saya membaca buku dan memiliki keinginan untuk mereviewnya, tetapi saya belum bisa setelah mencari-cari do google akhirnya saya temukan.

Ya, saya memang kepingin sekali belajar mereview buku yang baik dan benar , setelah mendapat kritik dari suami saya yang ikut membaca draft tulisan saya mengenai buku Jangan Kuliah Kalau Gak Sukses .  Google bilang, bahwa draft tulisan itu bukan review buku.  Itu sebabnya meskipun buku itu sudah selesai saya baca di akhir tahun lalu, dan saya sudah buat review eh ringkasannya, saya tahan dulu tidak saya posting di blog pribadi saya.

Kenapa draft tulisan buku Jangan Kuliah Kalau Gak Sukses yang saya buat itu bukan review buku,   alasannya adalah, tulisan itu terlalu panjang, isi tulisan kebanyakan malah nyeritain isi bukunya, malah nanti bikin orang yang baca jadi males beli bukunya karena sudah saya ringkas di tulisan itu. padahal saya nulis ringkasan itu supaya orang jadi tertarik beli buku itu kan.. (bukan posting berbayar lho..).


Jadi, mereview buku itu tak perlu meringkas isi buku, tapi tuliskan secara garis besar isi keseluruhan buku itu, tulis aja pendapat kamu tentang buku itu, bagus atau engga, gimana pendapat kamu dari segi ceritanya, bagaimana pendapat kamu cara penuturan penulis itu, jelas atau tidak. Boleh juga diceritakan gimana kualitas kertasnya, kualitas gambar fotonya kalau ada, banyak salah ketik atau tidak. Dan kalau ada tokoh yang bisa dijadikan tulisan gimana sifat tokoh itu, apa kesan kamu dengan tokoh itu, dan masih banyak lagi yang banyak lagi yang si babeh omongin gimana mereview buku itu, tapi yang saya ingat cuma itu aja dulu deh.

Oh ya ada lagi, yang terpenting sih judul buku dan pengarang harus di sebutkan, penerbit juga boleh disebutkan, jumlah halaman juga sebaiknya disebutkan, karena banyak orang yang melihat buku kadang dengan menghitung jumlah halaman, ada yang suka halaman sedikit tapi judulnya menarik dan sebaliknya.

Begitulah akhirnya, Jika kemudian  beberapa hari lalu saya keukeuh posting tulisan saya mengenai buku Jangan Kuliah Kalau Gak Sukses , itu karena saya ngerasa sayang aja udah capek2 ngetik engga di posting, itu juga postingnya  bukan  di kolom review tapi di blog, tiba-tiba jadi gak pede gitu meletakkan di kolom artikel gara-gara baca cara dari google tadi.

Di tulisan itu juga sudah saya tambahkan sedikit apa yang disarankan google tentang review buku, namanya juga masih belajar (belajar mulu kapan pinternya sih !)  nge-review ya, harap dimaklum deh kalau hasilnya  masih berantakan…

Ada yang mau ajari saya cara mereview buku yang bagus, benar dan enak dibaca , yakin deh sobat bloger mah udah banyak yang jago nih ngereview buku,bagi  tipsnya doong..

2 komentar:

Kertas Kecil Kita mengatakan...

wah bagus ne mas... terimakasih ilmunya..
Kertas Kecil Kita

NUR ANWAR NOEROEDIN mengatakan...

IYA GAN SAMA- SMA

Posting Komentar

 

like this

 

Blogger Gadgets